Senin, 28 Desember 2020

Metodologi Penelitian Agama Part III

 

Bentuk-penelitian serta klasifikasi metode penelitian dapat dibedakan berdasarkan tujuan penelitian, jenis data yang dikumpulkan, serta sumber data.

 

a.      Tujuan penelitian

Dari segi tujuan penelitian, peneliti bermaksud menggali informasi tentang keadaan proses belajar mengajar pada SLB yang berada Jl. A. Yani 6-8 surabaya. Karena peneliti belum mengetahui keadaan yang sebenarnya maka jenis penelitian ini tergolong penelitian exploratif.

 

b.      Sumber data penelitian

Peneliti berusahan menggali inforamsi langsung ke lapangan, dalam hal ini adalah SLB yang berada Jl. A. Yani 6-8 surabaya

 

c.      Proses penelitian

Peneliti dalam menggambarkan obyek penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang melakukan berbagai bentuk perhitungan terhadap gejala keagamaan. Dalam hal ini peneliti ingin menghitung seberapa besar ketaatan beragama siswa SLB yang berada Jl. A. Yani 6-8 surabaya

 

F.      Sistematika Pembahasan

 

Hasil penelitian ini akan ditulis dalam empat bab, masing-masing bab dibahas dan dikembangkan dalam beberapa sub bab. Adapun sistematika penulisan tersebut adalah sebagai berikut :

Bab satu      pendahuluan, berisi uraian tentang latar belakang masalah, identifikasi dan perumusan masalah, tujuan dan kegunaan penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, dan sistematika pembahasan.

Bab dua       menjelaskan keadaan riil, sasaran atau obyek penelitian, yakni SLB yang berada di Jl. A. Yani 6-8 surabaya

Bab tiga,      problematika PBM Pendidikan Agama Islam pada SLB yang berada di Jl. A. Yani 6-8 surabaya

Bab empat   penutup, kesimpulan serta saran.

 

 

DAFTAR KEPUSTAKAAN

 

 

1.      Drs. U. Uman KH. M.Si.  Metodologi Penelitian Agama, Teori dan Praktik

2.      Prof. Dr. H. Abduddin Nata, MA. Metodologi Studi Islam

3.      Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Riset Sosial (Bandung: Mandar Maju, 1996), 47.

4.      Lexy, J. Moleong, MetodologiPenelitian Kwalitatif  (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1991), 9.

5.      Prof. H. Muzayyin Arifin, M.Ed. Filsafat Pendidikan Islam

6.      Kemas Badaruddin, M.Ag. Filsafat Pendidikan Islam

7.      Dra. Zuhairini, dkk. Filsafat Pendidikan Islam

8.      Prof. DR. Imam Suprayogo, Drs. Tbroni, M.Si. Metodologi Penelitian Social Agama.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar